Wednesday, May 22, 2013

kiprok sepeda motor

cara mengukur kiprok yang masih bekerja atau yang masih berfungsi dengan avo meter.untuk pengisian aki ,kita ukur kaki kiprok yang berhadapan bukan yang menyampingkarena fungsi dari kiprok sepeda motor kaki nya berhadapan.untuk pengisian aki kalau kita ukur dengan ohm meter akan menunjukkan nilai bila kabel merah ohm meter berada di kaki kiprok yang menujuh ke aki dan bila kita balik kabel merah ke kaki kiprok yang sebaliknya maka kiprok yang baik tidak akan menunjukkan nilai di avo meter,untuk kaki yang di sampingnya dua kaki kiprok tersebut untuk pembatas tegangan lampu bila kiprok bermasalah maka akan memperprndek umur dop lampu motor,untuk mengetahui tidak fungsi atau baiknya kiprok pembatas tegangan tersebut kita ukur nilai ohm di kedua kaki kiprok tersebut,akan terbaca 22 k ohm - 25 k ohm ,colokan ukur bisa bolak balik kaki tidak seperti kaki pengisian aki, bila nilai di bawahnya maka dapat di pastikan kiprok tersebut sekarat atau mati,semoga bermanfaat.

19 comments:

  1. sebaiknya pakai gambar ben jelas gan tanks

    ReplyDelete
  2. bozz, minta info dan saran dong, barang x bisa, bajaj BBG roda tiga ,dr spul ada 7 kabel 2 kabel pulser,dua ke kiprok, 2 ke masa, 1 di pake buat rem, per tanyannya,yang 2 kabel untuk masa, ko bisa di pake buat ke indikator lampu netral. Sama ke lampu buat mundur, kabel

    ReplyDelete
  3. Terus yang satu buat lampu rem, kobisa,

    ReplyDelete
  4. Padahal itu langsung dari spul, tidak melalui kiprok dulu
    Mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf belum pernah lihat jalur kelistrikkan seperti itu.

      Delete
  5. Mas bisa mapping cdi rextor lah

    ReplyDelete
  6. Mas bisa mapping cdi rextor lah

    ReplyDelete
  7. Mohon petunjuk x para senior
    lg pusing ne kabel pengapian yg arah k cdi shogun 110 warna apa ya...

    ReplyDelete
  8. Yg dr spul sy cek ada 2 kabel yg ngeluarin strum
    Putih merah sama putih kuning
    Salah satu x menuju k cdi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cdi shogun tidak butuh listrik dari spul langsung tapi harus di suplai dari kiprok,maksudnya listrik yang dari spul langsung menujuh ke kiprok dan biasanya yang berwarna merah dan langsung bisa untuk suplai cdi shogun jadi gak usah cari dari spul langsung semoga paham,cdi shogun itu minta suplai dc dan yang dari spul itu ac karena belum masuk ke kiprok.

      Delete
    2. Cdi shogun ori yg rusak bisa d perbaiki gk om
      Kalo bisa kira2 apa x ya yg rusak n dganti
      Trimakasih

      Delete
    3. memangnya sudah bisa melihat komponen dalamnya ? kalau bisa di situ ada transistor yang ada pendinginnya coba ganti.terus terang aku gak bisa membersihkan cor-cor an cdi.

      Delete
  9. Mohon bantuan x om shogun saya cdi x mati
    Bisa gak pake cdi supra 100 yg pake pengapian ac gimn cara x spy bisa berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa asal di buatkan kumparan untuk pengapiannya,coba lihat cara melilitkan pengapian ac di videoku,(youtube)

      Delete
    2. Mn video x ?
      Sy gk bisa nemuin
      Bingung ngelilit x d mn brp kumparan x

      Delete
    3. kawat 0.15.lilitan semakin banyak semakin bagus untuk pengapiannya.videonya ada di youtube kalau di blog aku harus kompres maka aku cantumkan alamat youtube saja.untuk lilitan gak usah pakai rumus semakin padat dan banyak akan semakin bagus pengapiannya.

      Delete