Wednesday, February 6, 2013

cara tes kiprok( regulator)

kiprok adalah komponen penyearah listrik untuk kebutuhan pengisian aki sekaligus penyuplai listrik untuk cdi,bila motor memakai sistem pengapian dc.kiprok juga berfungsi sbagai penahan aliran listrik untuk kebutuhan penerangan( lampu ) bila lampu depan sering putus karena terangnya tidak semestinya,terlalu terang waktu mesin di gas( digeber ) tanda kiprok tidak dapat mengatur listrik untuk keperluan lampu yang hanya perlu kosumsi listrik pada voltase 12.      kiprok hanya bisa diketahui kerusakanya dengan menggunakan alat bantu avometer,  cara ngetes kiprok untuk keperluan pengisian aki, stel avo pada setelan dc pada 50 volt kemudian colok kabel yang masuk ke + aki dengan kabel merah yang ada di avometer, hitam pada bodi ( massa ) langkah itu dilakukan setelah kita copot aki dari kabel yang mengikatnya,juga mesin dalam keadaan hidup,maka akan terbaca di jarum penunjuk meter berapa volt yang dikeluarkan oleh mesin,bila mesin diputar tinggi dan jarum meter mala turun maka kiprok bermasalah.untuk lampu kita colok kabel penghubung dop  dan kita ukur berapa volt ketika mesin berputar pada putaran tinggi,lampu dop hanya perlu 12 volt bila di avometer lebih dari itu maka segera ganti karena lampu akan cepat putus...( bermanfaat untuk sesama adalah tujuan hidup )

2 comments: