pulser di motor kita,berperan untuk meberi aba-aba pada cdi untuk segera memantikkan listrik yang akan di rubah jadi api oleh busi, kemudian membakar bahan bakar yang ada.pulser ialah besi bermagnit di lilit kawat tembaga halus bila ada benda besi di tempelkan pada ujung pulser dan ditarik berulang-ulang maka ujung-ujung dari pulser tersebut mengalir listrik dapat kita lihat dengan avo meter dengan jarum penunjuk pemakaian pada ohm meter skala x10 atau x100 maka jarum akan menunjukkan nilai dari lilitan pulser kemudian kita tempelkan besi pada ujung pulser berkali-kali maka akan terlihat jarum ohm meter bergetar tanda ada aliran listrik yang mengalir dari pulser,pulser di motor kadang ujung yang di keluarkan menujuh cdi satu yang satunya lagi langsung ke bodi mesin dan ada yang langsung keluar dua ujung dan masuk ke cdi juga ada cdi yang hanya bisa bekerja bila di beri ujung pulser salah satu dari pulser tersebut,lebih gampang kalau kedua ujung pulser tersebut keluar listrik - dan + maka kita cari dari ujung tersebut untuk cdi kita, untuk cdi shogun ujung yg manapun bisa .semoga manfaat.
Bro saya mau tanya motor saya honda cb ganti pengapian supra dan yang jadi masalah pulsernya harus pakai pulser ukuranya kecil agar bisa masuk di bekas coakan kabel spull lama dan pulser yang cocok adalah pulser jupiter z yang dimensinya kecil dan yang saya pusingkan pulser jupiter z ada kabel pulser dan massa sedangkan cdi supra hanya ada kabel pulsernya terus gimana akalinya agar pulser jupiter z itu bisa terpasang di cdi supra apa hanya gunakan salah satu kabelnya tolong penjelsanya
ReplyDeletePilih salah satu kabel untuk masuk ke cdi dan kabel sisanya di groundkan dan coba motor di slah bila ada api yg keluar coba untuk menghidupkan mesinnya,bila tidak bisa hidup coba balik posisi kabel pulsernya.pasti motor bisa hidup.pulser supra keluar satu kabel karena masanya nempel di besi pulser itu.
DeleteMau tanya bos. Kalo pulser terbalik masanya (terhadap putaran magnet) apa ada pengaruhya?? Apa semua pulser bisa diganti2 pake motor2 laen?
ReplyDeletesemua pulser bisa di pakai ,yang jadi permasalahan adalah tempat pulser itu sendiri bisa cukup nggak di tempatkan.pengaruh terbaliknya kabel pulser ialah ada nyalah api tapi tidak dapat menghidupkan motor.
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteKalau pulser tidak mengeluarkan api itu knp yah?
ReplyDeleteMau tanya
ReplyDelete1. kabel pulser itu yang menuju CDI itu menghasilkan listrik ? terus satuan nya apa ? atau dan apa jumlahnya tergantung dari putaran si magnet itu sedniri ?
2.kalau pulser yang menuju CDI dengan 2 kabel output dari pulser, ( njmx ) , apa kalau kedua kebel itu di satukan , akan mendapatkan signal double atau tetap ?
yang keluar dari pulser adalah istrik dengan tegangan sangat rendah dan kalau pulser itu keluar dua kabel menujuh cdi maka anggap saja kabel itu ground dan plus listrik.itu lebih gampang di nalar. karna bila pulser keluar kabel satu untuk cdi karna ujung yang satunya sudah jadi satu di besi dudukkan pulser.
Deletemau tanya gan motor cb 100 dirubah jadi cdi tpi pemasangan pulser pada noken as, setelah trun mesin motor malah gak bisa hidup pengaruhnya apa ya padahal api pada busi besar bgt
ReplyDeletemohon pencerahannya????????
Kesalahan utama terdapat pada ketidak tepatan pengapian ,coba chek titik top seher dengan titik top pulser,karena itu kunci hidupnya mesin.kalau tidak diukur dengan sudut detajat.kita bisa meraba dengan obeng yang dimasukkan ke lobang busi dan kira-kira 1cm sebelum top titik tengah pulset harus sudah berhadapan dengan besi sensor noken anda.kalau kurang enak rubahlah disekitar ukuran tersebut juga periksa kebocoran manipol bisa jadi penyebab juga.
DeleteOm sepeda motor saya GL.max saya kasih cdi shogun kebo gak mau nyala tapi pas Cdinya d pasang ke motor tmen saya langsung nyala.. Kira2 kenapa ya kok motor saya di kasih cdi shogun kebo nggak nyala ?
ReplyDeletecoba di cek apa motor yang anda pakai sistem pengapiannya memakai dc.atau ac.karena shogun suplai cdinya memakai dc. kalau ingin bisa memakai cdi shogun ,soket cdi yang kecil berisi dua lobang di putus dan di kasih suplai listrik dari aki pasti langsung bisa nyala silakan di coba.
Deletegan.mau nanyak motor saya supra 100 kalo kabel hijau dari cdi saya geser geser di mesin maka apinya akan keluar di kabel busi klo kabel hijaunya saya ikat dengan baut kok apinya gak mau nyala.kira kira kenapa ya gan
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeletemotor saya gl 125 tpi makai pulser dinoken as dan memakai pulser honda win trs cdi pke megapro panjang tonjolan saya pakai 9mm hasilnya enak sich tpi diputaran rpm antara 1500-3000 tdk bisa langsng keluar tenaga mesin setelah rpm 3000 tenaga mau keluar tpi mendadak gt kxk nyetut ga enak..mohon pencerahanya apakah pulser honda win yg menganut single positif ac berpengaruh atas cdi megapro yg menganut pulser double-positif dc?
ReplyDeletesorry ada yg salah mksd saya cdi megapro menganut pulser single-positif dc
Deletekemungkinan besar hanya perlu menyetel kedudukan sinyal pulsernya saja.saya kira tidak berpengaruh pulser tersebut bila keadaan pulser tersebut baik,semangat dan salam untuk anda
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteKlo panjang tonjolannya brp klo pke pulser dinoken as?
DeleteItungannya apa cuman dibagi 2 dri tonjolan aslinya
coba pelajari cara kerja pulser mungkin akan terperinci permasalahan yang anda tanyakan
Deletecoba pelajari cara kerja pulser mungkin akan terperinci permasalahan yang anda tanyakan
DeleteSalam hormat,, sy lagi pusing dengan klistrikan motor sy...
ReplyDeleteApi dari spul ada,,disambung ke CDI autput apinya besar,, tapi setelah sy sambung keKoil autput apinya mati total, padahal Koilnya baru n sudh dites dimotor tmen bs normal..... apakah ada kaitannya dengan pulsernya.... mohon solusinya gan?
coba ground nya di teliti.
DeleteMaaf mas, numpang tanya.
ReplyDeleteSaya pakai switch side stand buatan ke motor Honda Verza, sistemnya dengan on off pulser. Ada pengaruh buruk nggak dengan pulsernya?
Saya juga pakai alarm yang bisa sambung/putus arus pulser.
Ketinggalan satu lagi, kalau pakai sekering 15A yang menuju pulser apakah tetap aman?
Deletepulser mempunyai tegangan listrik rendah jadi tidak pakai sekring tidak akan menimbulkan masalah . pakai saklar on of atau di ground akan tetap aman.
DeleteTerimakasih atas jawabannya mas. Sangat membantu bagi awam seperti saya. Hehe...
Deletebos minta bantuan tentang pengapian sogun kebo ku api ilanng ..
ReplyDelete1 kabel yg dari pulser ke cdi tu harus ada api gak ?
2 akinya udah aq ganti yg baru .. kabel[+] ke cdi soket yg mana ?
keluaran kabel pulser tidak selalu mengeluarkan api dan cara yang tepat untuk mengetahui pulser tersebut berfungsi adalah di ukur dengan avometer dengan setelan avo di x 100 dan di slah jarum akan bergetar bila pulser layak pakai. kabel + pasang di soket yang kecil isi dua lobang,lebih jelasnya cari perinciannya soket tersebut.
DeleteBisa nggak..? Honda sg pakai bak kiri gl pro sama magnetnya...?
ReplyDeletePakai 1 set gl pro
DeleteBro pulser ngeluarin listrik ga sih?
ReplyDeleteKalo di kontak ke body kira" ada percikan apai ga bro?
lihat jawaban di atas.
DeleteMas mau tanyak jika api dari sepul dari sepul keluar tp dari cdi ke koil g keluar padahal dah tak ganti cdi sMa miperok dgn yg baru tp tetep aj g ad api nya kira" ap. Ya mas terimakasih
ReplyDeletebila motor yg diperbaiki ini menganut pengapian dc coba pakai aki saja untuk menguji kerusakannya,bila aki terpasang dan coba dislah apakah keluar api atau tidak.dan bila semua kabel terpasang dengan benar kebanyakan pulser yang bermasalah.
DeletePulser juga udah tak ganti dgn yg baru mas tp tetep g keluar padahal arus positiv dari aki udah keluar lo emang cara ngetes pulser ad api nya atau tdk gimana mas
DeleteBro..mw nanya motor cb aq pke pengapian shogun 110 pengapian hlg ...tp pas aki udh d cas bgus lg ... Bsokx pengapianx hlg lg ...mohon pencerahanx
ReplyDeleteBro..mw nanya motor cb aq pke pengapian shogun 110 pengapian hlg ...tp pas aki udh d cas bgus lg ... Bsokx pengapianx hlg lg ...mohon pencerahanx
ReplyDeleteselama kiprok yang terpasang di motor berfungsi dengan baik maka motor dapat hidup dengan normal.maka coba periksa keluaran kabel dari kiprok yg berwarna merah adakah keluar listriknya kala di slah. ok.
DeleteBro, apakah di dalam pulser ada dioda,
ReplyDeletetidak ada.hanya besi dililit dengan kawat tembaga.
DeleteSalam mas sya mwu nanya nieh motor saya gl pro kalau mesin panas langsung pengapiannya hilang tidak ada sma sekali sya udah cek dari kiprok kabel merah ada percikan bunga api n aki,cdi shogun,spul mega pro.kiprok mega pro baru semua n kira2 apanya yang bermasalah mas mohon penjelasannya?.
ReplyDeletekarena kabel merah itu langsung dari aki dan keluaran listrik dari kiprok maka bila di ground kan pasti ada percikan api.coba menghidupkan motor tanpa aki jika tidak bisa hidup berati kiprok bermasalah,karena tanpa aki motor masih bisa jalan asal kiprok normal,bila itu sudah di coba.maka perkiraan saya motor panas dan mogok di karenakan kompresi seher hilang,itu dapat dibantu dengan memasukkan oli keseher melalui lobang busi,bila panas mesin mati dan listrik hilang kemungkinan besar yang susah di kira-kira adalah kerusakkan pada pulser yang kerusakannya putus nyambung . bila koil bagus dan cdi normal. semoga bermanfaat.
ReplyDeletemau tanya mas, motor saya f1zr. kabel output dari pulser ada 2. apa yang akan terjadi bila kabel + saya pasang ke - pada CDI ? dan begitu juga kebalikannya. mohon pencerahannya. terimakasih.
ReplyDeleteMas mw nanya soal pulser,beda singel positif sm singel negatif di mana?
ReplyDeletepulser adalah besi kern yang dililiti oleh tembaga,awal dari lilitan atau ujung tembaga yang melingkar dapat kita sebut negativ dan lilitan akhir kita sebut ujung positiv. mau jadikan apa pulser kita ujung lainnya kita groundkan.
Deletemau nanya om, di soket CDI FU 2013 yg ada cuma pulser (-), positif nya ga ada, sedangkan di CDI Rextor Adjustable kan ada yg ke pulser (+).
ReplyDeletenat tuh gimana om ??
bila pulser keluar dua ujung dan di cdi butuh satu ujung pulser maka ujung pulser yang satunya di groundkan.
DeletePak kalau honda beat matic di cop busi tidak keluar percikan api biasanya kenapa
ReplyDeleteyang perlu dilihat adalah apa arus listrik sudah mensuplai cdi ? .setelah itu baru di teliti kenapanya. yang sering terjadi bila beat matic injeksi adalah kabel spul yang dimagnit itu yang putus. tarik dan sambungkan lagi.beres.
Deletehalo om!saya masih skolah untuk tugas om,cara merubah pengapian tanpa menggunakan spul hanya di bantu dgn aki ja cara''.a bagai mn om?
Deleteitu motor sonik injeksi bru di rubah ke karbu kemaren om,trus mahnit.a rusak lempengan plat mahnit yg bagian dalam itu bolong bolong gara'' kesalahan saat pengelasan untuk pembuatan bantalan titik pulser om.mau bli ulang mahnit mahal om,langsung tak bongkar lempengan plat dan mahnit.a om...tlong om arahan.a
cdi shogun adalah pilihan tepat untuk di terapkan pada rubahan motor itu dan kunci pulser untuk kehidupan motor tersebut adalah ketika kedudukan top kita undurkan satu sentimeter seher kemudian titik besi pulser tepat di lempengan awal sensor , panjang sensor juga satu senti meter. cara mengetahui satu cm adalah kita masukan ukuran pada lubang busi. semoga dapat dimengerti.
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletemas mau tanya. mtr shogun 110 dpt 2nd. pas bongkar spul pengapian sdh dibuat ac dan pake cdi abal2. dan sy ada cdi smash nganggur mau sy pasang. tp di pin cdi smash ada 2 masa. seda2ngkn output pulser cuma 1 kbl. gmn cara modif output pulser jadi 2. atau cukup pakai cdi ac grand
ReplyDeletemungkin coba di groundkan salah satunya dan di coba hidupkan mesin ,
Deletemau tanya om,gmna cara mengaplikasikan pengapian total loss d vespa,saya pke cdi satria120r merk fukuyama,pulser mio. gmna ya om cari jalur pemasangan kabel dari cdi ke pulser dan 12v ke cdi?
ReplyDeleteyg perlu anda lakukan adalah mengetahui jalur cdi ( fungsi kaki cdi ) dan cdi itu minta masukkan dua atau satu kaki dari pulser.semua kerja cdi adalah sama.
Deletetks atas jawabannya mas. kalo shogun 110 pakai cdi smash (2 massa). bisakah shogun pakai pulser punya smash agar kabel output massa pickup bisa ke cdi smash. apakah bentuknya sama?
ReplyDeletefungsi pulser adalah pemberi aba-aba pada cdi kalau dia di lewati oleh tonjolan besi dari lingkaran magnit.supaya cdi segera mengeluarkan listrik untuk koil dan di rubah jadi kilatan api di busi jadi apapun bentuk dari pulser fungsinya adalah sama.
DeleteMohon petunjuk warna kabel dr spul k cdi shogun 110 apa ya
DeleteMas motor saya kadang kalo mesin panas berasa kayak bensin telat / pengapian gak lancar tapi kalo di diemin sambil ngrokok sebatang normal lagi...saya cek semua normal dari kompresi,karbu,pengapian....mohon pencerahannya!!! GL pro black engine '93
ReplyDeletekemungkinan pertama adalah sambungan kabel yang berkarat.2 koil atau cdi yang bermasalah.3 sambungan karburator ada retakan hingga ada kebocoran udara coba lem trebon karetnya.
DeleteTadinya saya kira koil dan saya udah ganti koil ori trnyata masih sama...saya ganti karbu juga masih sama saja... Saya coba pake cdi motor lain masih tetep sama... Manipol karbu sudah saya ganti ...
ReplyDeleteBos maaf mau nanya nih,aku lagi utak atik motor pulsar200 aku baru ganti sepul pas aku mau nyobain pake aki bawaannya tau nya tekor terus aku pake aki motor mio tapi kebalik,tapi pas aku nyoba lagi pake aki mio yang lain bisa setater tapi ga bisa hidup motornya,terus aki mio yang pertama aku coba juga mati,,, mohon pencerahan nya makasih,,,,, ��
ReplyDeletekeluar apinya nggak dari koil ?
ReplyDeleteBos maaf aku mau nnya saya ada motor mio.. Pulser sama spul udah ganti baru.. Tapi apinya gak ada.. Mohon pencerahannya
ReplyDeleteyang perlu menjadi perhatian dalam masalah anda ini adalah,pengecekkan pada soket cdi ,coba cek sudah masukkah aliran listrik penyuplainya ? karena pengapian mio adalah dc asal ada aki motor akan bisa hidup dan perlu di perhatikan lagi ialah tidak adanya sambungan masa yang masuk ke kabel cdi karena putus di kabel bodinya.cek arus + dan - nya di soket cdi atau langsung sambung ke bodi.karena kejadian masa putus sangat banyak di mio. smoga membantu.
DeleteBos saya mu tanya..knpa ya motor rx saya bsa brjalsn mundur..apanya yang salh ya bos..terimakasih..
ReplyDeletebila pernah merubah magnit maka kedudukan magnit itu tidak pada tempatnya maka pengapiannya meleset dari aslinya. rx jalan mundur karena pengapiannya berubah.
DeleteBoz mau tanya saya pemula, motor saya cb dengan kondisi pengapian sudah cdi, saya mau tau jalur kabel yang keluar dari spul kemana saja ada 5 kabel yang ke cdi warna apa aja, dan kabel yang ke lirik itu kabel dari spul apa cdi mohon bantuannya
ReplyDeleteBoz mau tanya saya pemula saya punya motor cb 100 kebetulan sudah cdi pake supra dan spul pakai gl pro, kabel yang keluar dari spul ada 5 itu kemana aja , yang ke cdi warna apa, dan dari cdi itu kemana lagi jalurnya dan kabel yang ke kiprok itu dari cdi apa spul mohon bantuannya
ReplyDeletejangan lihat warna kabelnya tapi lihat ujung dari kabel itu dari mana spul pengapian ujungnya yang mana,spul pulser ujungnya dimana,lainnya akan dapat dibaca sendiri tidak perlu tanya kesana kemari,karena jiwa pengoprek adalah kebebasan tanpa batas.jadi pahami fungsi dari alat yang ada kemudian rombak menurut kehendakmu.
ReplyDeletePermisi pak, klo pulser negatif 2 kabel mau dijadikan pulser negatif 1 kabel itu gimana caranya pak?
ReplyDeletesatu kabel masuk ke cdi dan satunya ke ground dan coba mesin di slah dapat hidup apa tidak atau sulit hidup. dan coba balik kabel pulsernya. cuma itu yang perlu di coba. dan baca dari atas tentang pulser ini,
DeleteMas pencerahanya ..
ReplyDeleteKasusnya ini ada mesin scorpio lengkap, tpi cdi,kiprok semua sudah dipotong, bingung mau sambungnya, terutama kabel yang dari mesin gak tahu bacanya, kalo boleh pencerahnya mulai dari sambung kiprok ke cdi dari cdi ke koil, karena saya gak ada aki untuk ngidupinnya.
langkah pertama yang harus dikerjakan ialah mengetahui cara kerja benda yang kita hadapi,cara kerja cdi,cara kerja kiprok dan apa itu stator.cdi memakai arus dc apa ac itu harus tahu dan kiprok fulwave apa halfwave dan juga fungsi pulser itu untuk apa. itu semua sudah di jelaskan di blog ini. kalau sudah mengerti tidak usah memakai kabel body yang semrawut tapi langsung bikin sendiri kabel rangkain untuk menghidupkan mesin tersebut. semoga di mengerti.
DeleteMas, motor saya jupiter z, pulser aslinya jupiter z mempunyai dua kabel, trus saya ganti pake pulser tiger yang mempunyai satu kabel.. apakah bisa ??
ReplyDeleteasal kegunaan sebuah alat sama dan dudukan baut pengikatnya bisa .maka alat tersebut bisa di pastikan bisa berfungsi dengan baik asal alat tersebut di fungsikan sebagai fungsinya.
Deletemas,motor saya cb100 sdh pakai pengapian gl pro cdin cdi nya grand..tapii pengapian hilang padahal spul,cdi,koil sudah ditest motor tmen normal ...sampe ganti pulser baru blm jga normal jg skali ada apinya tapi ilang lagii ..mohon sarannya mas saya dah bingung banget...?? makasih
ReplyDeletemas,motor saya cb100 sdh pakai pengapian gl pro cdin cdi nya grand..tapii pengapian hilang padahal spul,cdi,koil sudah ditest motor tmen normal ...sampe ganti pulser baru blm jga normal jg skali ada apinya tapi ilang lagii ..mohon sarannya mas saya dah bingung banget...?? makasih
ReplyDeletemas,motor saya cb100 sdh pakai pengapian gl pro cdin cdi nya grand..tapii pengapian hilang padahal spul,cdi,koil sudah ditest motor tmen normal ...sampe ganti pulser baru blm jga normal jg skali ada apinya tapi ilang lagii ..mohon sarannya mas saya dah bingung banget...?? makasih
ReplyDeletemas,motor saya cb100 sdh pakai pengapian gl pro cdin cdi nya grand..tapii pengapian hilang padahal spul,cdi,koil sudah ditest motor tmen normal ...sampe ganti pulser baru blm jga normal jg skali ada apinya tapi ilang lagii ..mohon sarannya mas saya dah bingung banget...?? makasih
ReplyDeletemas,motor saya cb100 sdh pakai pengapian gl pro cdin cdi nya grand..tapii pengapian hilang padahal spul,cdi,koil sudah ditest motor tmen normal ...sampe ganti pulser baru blm jga normal jg skali ada apinya tapi ilang lagii ..mohon sarannya mas saya dah bingung banget...?? makasih
ReplyDeletemas,motor saya cb100 sdh pakai pengapian gl pro cdin cdi nya grand..tapii pengapian hilang padahal spul,cdi,koil sudah ditest motor tmen normal ...sampe ganti pulser baru blm jga normal jg skali ada apinya tapi ilang lagii ..mohon sarannya mas saya dah bingung banget...?? makasih
ReplyDeleteuntuk menghemat tenaga dari mencari api atau pengapian ini coba dengan cara berikut ini. bikin pulser luar.caranya pulser yang di mesin jangan dipakai tapi bikin pulser seperti di rangkain mesin tapi dapat di pegang dan coba di slah[kick starter] dan pulser yang kita buat tadi kita tempel-tempelkan dengan besi dan lihat apakah ada keluaran api di busi.busi dicopot ya dari tempatnya.ngeceknya ini seperti kalau ngetes busi.bila tidak ada loncatan api maka satu-satu alat terkait di cek ulang.bila ada coba pasang dengan pulser yang ada di mesin.bila keluar api tapi tidak bisa menghidupkan mesin maka coba balik kabel spul pengapianya.saya sarankan jangan pakai kunci kontak dulu untuk memastikan kalau kunci kontak itu tidak ada masalah.perhatikan juga jarak pulser dengan tonjolan sinyal yang ada di magnit jangan terlalu renggang.
DeleteKalo mau membuat output pada pulser motor grand menjadi 2 output + dan - gimana caranya?
ReplyDeletejangan sampai besi pulser nempel langsung ke mesin karena itulah - nya.
DeleteMinta solusi mas..satria 2tak saya,pulser nya baik,cdi juga baik.tapi tidak ada loncatan api dari cdi waktu di stat.padahal semua kabel dalam keadaan baik saya tes dengan avo meter.bahkan saya buat rangkaian kabel langsung dari spul,pulser langsung ke cdi.tanpa melalui kiprok juga aki.
ReplyDeletemohon solusi nya mas.
cdi dengan pengapian dc itu tidak bisa ambil listrik dari spul harus melalui kiprok.langkah uji coba yang benar ialah pakai aliran listrik dari aki.dan baca lagi jalur cdinya.,
Delete3bulan yg lalu motor saya GLPro black engine kalo panas/abis di geber/kena macet dijalan pengapian nggak stabil sampe knalpot mledak2...bawa kebengkel trnyata pulser mati saya belikan baru merk fukuyama, ini baru 3bulan jalan kok kumat lagi tiap mesin panas apa pulser mati lagi...apa yg salah ya kol boros pulser gtu?mksh
ReplyDeletekalau benar begitu berarti kualitas bahan pulsernya yang kurang bagus,juga olinya.
Deletemau nanya mas.
ReplyDeletecara nerapkan cdi smash (2 massa) ke supra x 100 gimana mas .
mau nanya mas.
ReplyDeletecara nerapkan cdi smash (2 massa) ke supra x 100 gimana mas .
mau nanya mas.
ReplyDeletecara nerapkan cdi smash (2 massa) ke supra x 100 gimana mas .
Mas boz mau tanya spd q gl series habis saya spul pengisian dan lampu tapi spul cdi tidak
ReplyDeletePermasalahanya dari spul keluar listriknya tapi waktu di pasang cdi kok malah tidak keluar listrik sama sekali mohon infonya suwun...
Yang perlu dapat perhatian adalah pulser karena dia pembuka aliran listrik dari cdi.untuk cepat mengetahui pulser yang terpasang itu berfungsi dengan cara di beri denyut pulser dari luar.
DeletePulser yg lebih kecil dari mio pulser apa yaa mas ?
ReplyDeleteMas. Aku pkk bak seris spul d buat dc.karbu mp. Pulser seris.kog g mau nyala api knp ya
ReplyDeleteMas. Aku pkk bak seris spul d buat dc.karbu mp. Pulser seris.kog g mau nyala api knp ya
ReplyDeleteperhatikan kedudukan pulser apa tepat di tonjolan sinyal magnit dan jangan sampai kerenggangannya terlalu jauh [ renggang ] hingga tidak terbaca oleh pulser.
DeleteBang mau nanya, kenapa koil sya tdk ngeluarin api, pdhal api dari cdi bagus, udh ganti koil masih sja tdk ngeluarin api, penyebab nya apa
ReplyDeleteBang mau nanya, kenapa koil sya tdk ngeluarin api, pdhal api dari cdi bagus, udh ganti koil masih sja tdk ngeluarin api, penyebab nya apa
ReplyDeleteBang mau nanya, kenapa koil sya tdk ngeluarin api, pdhal api dari cdi bagus, udh ganti koil masih sja tdk ngeluarin api, penyebab nya apa
ReplyDeleteBang mau nanya, kenapa koil sya tdk ngeluarin api, pdhal api dari cdi bagus, udh ganti koil masih sja tdk ngeluarin api, penyebab nya apa
ReplyDeleteKalau benar Dari cdi keluaran listriknya bagus.berarti koil tidal ada ground atau koil rusak
Delete.coba kasih ground dengan kabel tersendiri.
Numpang tanya bro,, ane punya mtor pngapian bgus dan komprensi normal lantas gk mau hidup.. Mohon penjelasannya
ReplyDeleteAne bru rakitkwn kabel body sndiri lantas gk mau hidup motornya.ane punya motor honda
ReplyDeleteyang harus mendapat perhatian adalah keluaran ujung spull pengapian dan ujung keluaran pulser mungkin terbalik bila motor dengan pengapian ac. bila dc kemungkinan besar pada konektornya yang nyambungnya gak pas juga groundnya .
DeleteMas saya bru beli cdi brt tp pas saya pasang motor g mo langsam n brebebet tp klo pke cdi standar mo langsam it knp y...
ReplyDeletecoba pasang di motor teman apa masalah itu sama ? bila tidak, kemungkinan seting karbu atau karbunya yang bermasalah.
DeleteMas motor sy gl125,cdi grand,spul ulang magnet cb,pulser grand ori posisi di nok as,yg sy mau tanyakan,knp settingan pengapiany susah ya,pling mentok setelan enak di rpm rendah!sdh sy cb sett maju mundur ttep aj g dpt ptaran atasny.makasih.
ReplyDeletekebanyakan masalah itu di sebabkan coil yang mungkin kurang bagus coba dulu dengan membalik keluaran ujung spul karena ujung spul juga berpengaruh pada penyalaan pengapiaan.
DeleteKoil msh baik gan,sy curiga pulserny 1/2mati gan.
DeleteTanya lg gan,sy ad mtr kwasaki gto 110,kmarin hbs ganti spul pengapian merk fukuyama,pke cdi rc.yg sy mau tanyakan knp mtr g mau nyala pdhal api nyampe busi baik,cb geser2 magnet ttep aj g mau nyala.mohon solusinya.makasih.
ReplyDeleteCOBA BALIK UJUNG SPUL PENGAPIAANNYA.maksudnya ganti yang nempel ke ground dijadikan masukan cdi dan sebaliknya.
DeleteTrnyta trouble ny d spul mas,pake yg lama dspul ulang dah mau nyala,tp muncul trouble baru,nyetel timing ny g dpt2,mohon solusiny mas.
DeleteJAWABAN SEPERTI DIATAS
DeleteMang motor ku udah ganti spull kiprok ma cdi tapi gak kluar2 jg api nya pdhl di stater mauu .. motor ku smsh titan mohon bntuan nya mang
ReplyDeleteitu pasti ada kabel yang tidak tersambung atau juga lepas dari tempatnya,kebanyakan di colokan socket coba teliti lagi.dan teliti lagi apa pulsernya beres.
ReplyDeleteMas Motorku viar 100cc, pengapiannya kadang ad kdang ilang mohon pencerahannya?
ReplyDeletepengapiannya pakai dc atau ac.Kalau pakai pengapian DC coba copot aki kemudian di slah apa listrik masih keluar.kalau tidak kebanyakan kiprok bermasalah.bila pengapian ac kebanyakan masalah timbul dari spul pengapian yang setengah mati dan yang perlu di teliti adalah pulsernya apakah masih berfungsi.
DeleteMas motorq honda beat karbu apakah bisa klo diganti cdi racing punya jupiter-z
ReplyDeleteMas motorq honda beat karbu apakah bisa klo diganti cdi racing punya jupiter-z
ReplyDeleteBisa asal tahu letak pin dengan fungsi cdi itu sendiri
DeleteDi cdi jupiter kabel merah itu arahnya kmna mas
ReplyDeleteDi cdi jupiter kabel merah itu arahnya kmna mas
ReplyDeletemassa
ReplyDeleteMas aku mw nanya motor Vega ZR klo d engkol tdk ada api, pas di start pake aki di sambung ke kabel coklat yg masuk k cdi, motor baru nyala, kalo digas/rpm tinggi truss akinya dicabut, motor masih tetap nyala. Tapi kalo tdk d gas/rpm rendah trus cabut aki, motor mati.. Macam pulser coilnya hanya berfungsi di putaran tinggi gitu. Mohon pencerahan nya dong !?
ReplyDeletespul dan kiprok yang mesti di perhatikan bukan yang lain.
DeleteSiank mas.. Mas saya mau tanya,motor saya kalau gak pake accu suka brebet brebet kaya yang kekurangan daya listrik,padahal sebelumnya kalau gk pake accu jga ga jadi masalah ke pengapian,hanya berpengaruh pada penchayaan,stater,dan klakson yang kurang jelas..tapi skarang klo pake accu jga accu cpet habis daya nya.kalau pun ada daya hanya saat mesin motor mulai panas..karbulator+gusi pun sudah saya cek,masih bagus..tapi ko msih brebet brebet. apa ada kaitanya sama cdi yg mulai rusak atau pulser nya??
ReplyDeleteganti kiproknya dan periksa keluaran listrik dari spul magnit.
DeleteGan mau tanya.. motor saya scorpio.. apakah pulser scorpio mengeluar kan api.. saya baru ganti spul komplit dngn fulser.. kenapa api dari cdi untuk ke koil tidak mengeluar kan api... mohon perunjuk
ReplyDeletepulser dapat di tes dengan avo sperti penjelasan di blog ini.kemungkinan besar yang harus di perhatikan dalam permasalahan ini adalah apakah aliran listrik sudah masuk ke cdi ? . dan juga antar sambungan socket sudah tersambung dengan benar maksudnya sambungan itu tidak putus dalam,kelihatan tersambung padahal tidak.gunakan avo untuk pengecekkan.dan coba sambung langsung tanpa menggunakan kunci kontak untuk mengaliri listrik ke cdi. silakan di coba.
Deletemaaf gan mau tanya, saya mau pasang takometer digital di new jupiter mx 135, saya pasang kabel hijau ke positif koil, tidak bisa jalan, saya kasih kabel putih dari sepul tidak bisa, apakah ada yg salah ya mas? apa ada pengaruh nya saya telah merubah kelistrikan saya menjadi dc? mohon pencerahan nya..?
ReplyDeletetakometer umumnya mempunyai lima kabel dua untuk lampu penerangan takometer dan yang tiga untuk takometer itu.Susunan pemasangan umumnya sebagai berikut dua kabel untuk penerangan biasanya dua kabel di jadikan satu dan berwarna merah dan hitam.merah untuk + dan hitam untuk ground [ - ] Kabel yang tersisa ,bila warna kabel ada merah dan hitam maka penyambungannya sama seperti kabel penerangan tadi.tinggal yang tersisa disambungkan ke coil .di keluaran cdi yang menujuh koil.yang perlu di perhatikan dalam pemasangan takometer ialah mengetahui kabel yang di pasang dalam mensuplai listrik ke takometer itu sendiri.mungkin tiap produk memberi warna kabel berbeda tapi peruntukanya adalah sama.
Deletesaya pake takometer digital dengam 3 kabel, merah,hitam,hijau... yg merah san yg hitam saya tahu itu adalah plus dan ground, tp kabel hijau sudah saya sambungkan dngan kabel ke input koil, tapi nihil, angka menunjukkan tetap nol, apakah pengaruh ya mas saya mengganti koil standart dengan koil yg lain? atau gara2 kelistrikan motor saya yg dlu nya ac saya rubah jadi dc? mohon pencerahan nya terima kasih...
ReplyDeletetidak.takometer tidak mempermasalahkan ac dan dc .untuk mengetahui takometer itu normal adalah dengan mencoba di kendaraan lain.
Deleteok, terima kasih mas. nnti saya akan coba..
ReplyDeleteAssalamualaikum.wr.wb
ReplyDeleteUlasannya diatas sangat menarik dan komentar saya baca satu persatu,, sangat telaten sekali menjawabnya,...
Om gonong,, punya skema2 CDI tidak...
Kalau boleh saya minta skema CDI...
Atau ada Whatsapps Om..
085736958978
Makasih om
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteAssalamualaikum.wr.wb
ReplyDeleteSehat selalu buat om gonong,, topik bahasan menarik sekali,, dan om telaten menjawab pertanyaan dg baik... super sekali..
Om punya skema CDI motor Fiz R...
Ada Whatsapps kah om..
085736958978
Terima kasih om
tidak punya skemanya.tapi bila yang dimaksud letak kabelnya.coklat dan merah untuk spul pengapian.hijau dan putih untuk pulser hitam strip putih kunci kontak.orange untuk coil hitam ground.
ReplyDeleteMas,saya mo tanya,motor saya vega lama,pengapian AC,,permasalahannya saya pake cdi grand 5 kabel n cdi vega 7 kabel,,jalur kabelnya udh benar tapi tidak mengeluarkan api ke coil
ReplyDeletevega kabel pulsernya keluar dua kabel dan cdi grand butuh satu kabel pulser karena kabel pulsernya sudah di groundkan oleh pulsernya.dan juga jangan salah menyambungkan kabel hitam yang di vega karena itu kabel kontak dan bila disambungkan ground maka mesin tak akan mengeluarkan api.
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteslm hormat..mas saya punya vespa dirubah magnet nya pake mio.pulser shogun cdi shogun.cdi nya langsung konek ke aki.per masalahanya gk mau keluar api dari cdi.pulser sudah 5*saya ganti cdi baru semua.dites cdinya di motor shogun idup ..motor asalnya idup
ReplyDeletekalau cara merangkai kelistrikkannya benar maka kesalahan terletak pada jarak tonjolan sinyal pulser yang di magnit,yaitu kurang dekat,jangan terlalu renggang jaraknya seandainya rangkaian kelistrikan untuk cdi itu benar maka untuk mencobanya tidak usah pakai putaran mesin untuk melihat apakah listrik keluar dari coil apa tidak dengan cara pulser di tempel tarik menggunakan besi,obeng atau pokoknya besi maka akan keluar api dari coilnya bila di dekatkan pada massa lebih jelasnya lihat video.CARA KERJA KELISTRIKAN CDI.yang di cannel youtube saya.
DeleteMas permisi mau nanya
ReplyDeleteMotor saya gl pro series
Ini spull sama pulser nya pake supra x lama
Bisa pnp ga spull sama pulser nya atau ada yg harus dirubah ?
Mohon di ajarkan mas
Dan terimakasih untuk waktu dan respon nya .
Mas permisi mau nanya
ReplyDeleteMotor saya gl pro series
Ini spull sama pulser nya pake supra x lama
Bisa pnp ga spull sama pulser nya atau ada yg harus dirubah ?
Mohon di ajarkan mas
Dan terimakasih untuk waktu dan respon nya .
semua alat dengan kegunaan yang sama pasti bisa dipakai,mekanik hanya mengatur tempat dan jalur kelistrikan,OK.
ReplyDeleteNanya ni bos, kenapa sekering kita pasang keluar percikan api lalu kabel panas, bila kita cabut soket spul semua nya ngak panas.
ReplyDeleteApa persoaalan nya itu bos?
dari gejala itu kebanyakan kerusakan terjadi pada aki yang kedua perlu di periksa adalah kiprok apakah ada tegangan tembus pada diodanya.
DeleteMas mau tanya, emang ada pulser cdi (terutama untuk vespa) yang teganganya 110 volt?karena katanya pulser yg saya beli lemah,dan harus pulser yang 110. apakah emang ada mas?maturnuwon��
ReplyDeleteyang di maksud lemah itu yang bagaimana ? kalau anda sudah lihat video saya tentang cara kerja pulser dan cara kerja kelistrikkan cdi motor maka jelas permasalahannya.karena sperti itu cara kerja kelistrikkan sepeda motor,apapun jenis sepedanya.
DeleteNyimak om
ReplyDeleteMaaf mau nanya....Mtr sy MP tahun 2000,kabel yg dari pulser ga ada api klo kabel aki n lampu hidup...
ReplyDeletecoba tes pulser dengan cara berikut.lampu led untuk lampu kota kemudian kaki lampu led tersebut di sanbungkan ke keluaran pulser kemudian di putar magnitnya bila sudah di copot di tempeli besi dan di tarik,maka lampu led akan hidup bila masih bagus,coba lihat di youtubeku.
ReplyDeletePulser sdh sy ganti yg baru mas
DeletePermisi mas, saya mau nanya:
ReplyDelete1. motor saya CB200 Twin silinder, koil aslinya cuman 1 koil, tapi keluar kabel businya 2. Nah, saya kesulitan untuk mencari substitusi koil tersebut, kalo di bandrek pake koil motor biasa sebanyak 2 biji, susunannya di bikin seri apa paralel ya?
2.motor tersebut rencana mau saya ubah menjadi CDI (aslinya platina). Nah, saya berencana menggunakan 2 buah CDI dan 2 buah koil.. Jadi 1 CDI melayani 1 koil.. Pertanyaannya, apakah bisa 2 CDI tersebut hanya menggunakan 1 buah Pulser?
Terima kasih sebelumnya
1 harus paralel. 2 bisa ,sebaiknya pakai cdi shogun lebih gampang.
ReplyDeleteCoba di kasih pencerahan bos,,mtr saya gl 100 tapi udah rubah pake cdi....penyakitnya kalo lampu dinyalain baru di gas dikit udah limit tapi kalo lampu di matiin normal2 aja,,cdi grand (ac)
ReplyDeletecoba periksa kiproknya,bila sudah fulwave maka kesalahan ada pada aki,bila belum fulwave pasti dari kiproknya yang error.
ReplyDeleteKiprok udah saya ganti juga masih aja,,tapi kalo aki saya lepas agak mnding limitnya agak jauh dikit,,tapi ya masih tetep aja gak enak
DeleteMotor saya old vixion bang kalo digas digigi 5 rpm 7 mati gtu terus. Di ganti koil+cangklongnya busi jg baru kiprok imitasi baru aki 4'2 ganti bru juga. Kalo boncengan bgtu jg kalo sendiri normal apakah itu penyakitnya dari spul yg lemah yah?
ReplyDeleteteliti apakah ada kebocoran di manipolnya dengan cara semprot dengan carbu cleaner di sambungan manipolnya.
ReplyDeleteMas, cara rangkai kelistrikan pada motor smash 110 gimana ya, udah kusut smua kabelnya, mau bikin kabel baru,bisa bantu rangkaian gak dari spul/ pulsernya..
ReplyDeleteyang perlu dilakukan saat ini adalah rangkaikan kelistrikkan cdinya agar mesin bisa hidup setelah itu gampang membuat jalur kelisrikan lainnya,maka pelajari jalur cdinya dulu.
DeleteSalam kenal Bang!!
ReplyDeleteSy punya CB nh sdh ganti magnet, pake magnet x Grand.. Tapi kok kgak bisa lari ya motor x, padahal blok_kop Mega Pro nh CB sy. Mikir sih pulser kali ya yg masih di cruk as gitu.
Mohon info x Gan di l.muh92@gmail.com,, please halp me..
Thanks before.....
sebaiknya pemikiran anda di jalankan karena itu benar
DeleteItu ngetes semua kabel spulnya bagus gmna?
ReplyDeleteTempelin ke bodi satu persatu trus di engkol?
Motor honda grand saya ada kabel dari spull ada 5 warna , putih ,biru, kuning, itamgris putih,dan pink
Yg ada api kabel kuning dan putih,, saat saya engkol
Yg lain tidak ada api,. Dan saya mau menyambungkan ke kabel cdi, tpi wrna nya beda
Dan cara nyambung ke cdi gmana bang.. Dri spu
Itu ngetes semua kabel spulnya bagus gmna?
ReplyDeleteTempelin ke bodi satu persatu trus di engkol?
Motor honda grand saya ada kabel dari spull ada 5 warna , putih ,biru, kuning, itamgris putih,dan pink
Yg ada api kabel kuning dan putih,, saat saya engkol
Yg lain tidak ada api,. Dan saya mau menyambungkan ke kabel cdi, tpi wrna nya beda
Dan cara nyambung ke cdi gmana bang.. Dri spu
grand kabel yang seharus untuk pengapian itu berwarna merah garis putih,kuning dan putih itu untuk pengisian aki dan lampu dan mengarah ke kiprok.
DeleteGitu ya boss, tapi gg ada kabel merah boss dari spull.
DeleteYg ada kabel biru,putih, hitam garis putih, pink,dan kuning
Dari semua kabel itu yg ada api cuman kuning ama putih om saat di slah.
Pemasangan kabel nya. Wrna biru dari spul saya pasang ke Cdi wrna biru les kuning.
Kabel kuning dari spul saya hubungkan ke lampu dan kiprok,
Kabel putih saya hubungkan ke kiprok,
Dan kabel hitam les putih gag tahu keman di hubungkan om...
Tolong pencerahanya om..
karena kabel sudah pudar maka sebaiknya membuka kalter magnit maka akan jelas spull pengapian itu warna apa.ciri spull pengapian itu kabel lilitanya kecil sekali dan cuma satu dan pasti lainnya kelihatan kabel tembaganya yang besar dan banyak,kalau pakai ohm meter biasanya diatas 80 k ohm.
DeleteOm saya udah buka box magnet om..
ReplyDeleteSaya liat kabel biru pulsher pengapian
Kabel hitm garis putih spull pengapian..
Ni lilitan spull pengapian kenapa ditutup om?
Di spull yg saya punya penutup dari kain nya lembab om soalnya kmren terendam banjir..
Apakah ada ngaruh krna lembab itu om?
Klo dSLAH spull pengapian ada percikan gg om?
Di punya saya gg ada api om, yg ada kabel kuning dan putih..
spull pengapian dapat di pastikan rusak,spull pengapian untuk motor anda harus di tutup supaya menghindari kelemban dan itu harus dilak di beri semacam cat kusus untuk lilitan spul gunanya untuk meredam getaran gesekkan antar lilitan,lilitan spul ini sangat peka dan rusak oleh air karena sifat yang dapat meyambungkan listrik,jadi ganti atau gulung ulang untuk penyelesaianya.
DeleteIya om.. Ni saya coba jemurr spullnya om.. Se kering keringnya..
ReplyDeleteDan itu om dari semua kabel spull yg berwarna,,
Apakah warna kabel hitam les putih dan kabel biru fulsher mengeluarkan loncatan api saat di slah..? Terimaksih sebelumnya om..
cara tes pulser dapat di lihat di blog maupun di canel youtube ku komplit,akan lebih paham.juga cara gulung spull juga ada ukuran kawat juga tertera.tentang pulser memang mengeluarkan listrik tapi kecil sekali makanya memakai alat bantu seperti di videoku.
DeleteMas,, motor saya honda grand.. Awal hidup trus mati mendadak,, pulser baru, cdi baru coil baru.. Wktu dicek api dari busy ada..
ReplyDeleteTapi wktu di hidupkan,.. Hidup trus brebet brebet,. Trus mti, dan kdang ada asap kluar dari mesin...trus mati
Aapa yang salah lagi tu om..?
kalau asap keluar dari dalam mesin maka dapat di pastikan kalau seher sudah tidak layak pakai,coba sumbat lobang busi dengan kuat dan slah apa ada tekanan kalau tidak ada tekanan maka motor tidak akan hidup,coba isi oli melalui lobang busi kira-kira satu sendok makan kemudian tutup dengan jari kemudian slah,apakah ada tekanan dari seher kalau tidak ya wajib ganti seher atau juga klepnya bengkok hingga tidak menutup dengan sempurna hingga ruang bakar tidak sempurna dalam pembakarannya.
DeleteMas maaf mau tanya nih,,,motor sy yamaha twin 250 2t,pas beli cdi uda diubah pkai shogun 2bh,,,pic up 14mm,std asli 40mm,,pulser 2bh ,liat api busi bagus ,besar,,tapi kok mesin putaran bawah basah,banget,,atas mau teriak,,,pj uda dikecilin dr stdnya,,,pertanyaannya apa karena beda pickup asli 40mm diubah ke 14mm menjadi api kluar terlalu sedikit? Mohon petunjuknya,thx,kalau boleh minta no wa,,,rhx
ReplyDeletetidak anaeh karena ambil listrik DC nya dari kiprok.pakai kiprok fullwave apa halfwave.
DeleteHalf wave gan,,,
DeleteTrus soal pickup nya bagaimana mas,buat ngaruh kebaca apinya ,sudah sesuai blom ya ,dibuat 14mm pickupnya sesuai shogun,,,thx
DeleteDan aneh nya cdi shogun kan dc,,ini tanpa aki bisa hidup biasa,
ReplyDeleteDan aneh nya cdi shogun kan dc,,ini tanpa aki bisa hidup biasa,
ReplyDeletecara mencari pengapian yang pas dengan cara lepas pen bulan kemudian geser magnit ke kiri atau ke kanan guna mencari titik ledak yang pas,untuk kelistrikkan sebaiknya pakai fulwave karena akan lebih besar tegangan dan arusnya.
ReplyDeleteKiprok saya da 5kabel 3putih,1merah,1hitam pak,,itu halfwave kan ya?saya ga tau juga ex apa itu kiprok
ReplyDeleteya betul memang itu halfwave.kalau fullwave kabelnya empat berwarna kuning 2 kemudian hitam untuk ground dan merah untuk aki.
DeleteTrus soal pickup skrg kan 14mm(std shogun) dari aslinya (std magnet yamaha)40mm,,,kalau saya panjangkan pickupnya,jadi terlalu maju kah pengapiannya?
ReplyDeletepanjang pickup tidak masalah,api baru menyala ketika pulser di lewati akhir pickup.kalau mau menambah lihat arah putar magnit,mau maju mundur terserah asal mesin enak.
ReplyDeleteMas maaf nich mw tanya .. Motorqw ninja seumpama dganti sdi fu bisa gak ... Klo bsa gmn tatananya kabalnya bos
ReplyDeletecari dulu data cdinya kemudian bisa lanjut.semua cdi bisa di pakai asal ngerti tata letak jalur keluaran dan masukkan.
ReplyDeletemas..knp motor honda vario sering mati klw mesinya panas dan susah di hidupkan,,klw mesinnya uda dingin baru bisa bunyi motornya
ReplyDeletebanyak penyebabnya,dari kerengganngan klep yang terlalu rapat,per seher yang terlalu longgar,coil yang sekarat,manipol ada kebocoran,bensin yang gak mau mengalir,sampai kiprok yang setengah mati,tapi yang pertama di chek adalah kerenggangan klep.
Deletemas..motor saya honda cb77 305, sewaktu pakai 1 fulser tarikan mesin lebih ringan tapi setelah saya tambah 1 fulser lagi (jadi 2 fulser)kenapa tarikan mesin terasa lebih berat seperti mau nambah gigi terus. maksud saya nambah fulser agar putaran mesin seimbang atau tidak pincang, mohon pencerahannya ..terima kasih....salam.
ReplyDeletetambah pulser juga tambah cdi ? kegunaan pulser kan komando ledakkan api kenapa harus dua,
ReplyDelete