Thursday, September 12, 2013

kiprok karisma

regulator atau kiprok karisma menganut cara kerja ful wave yang berarti kabel spul penghasil listrik langsung ke kiprok karena ujung spul hanya mempunya dua ujung,
susunan kaki bila kita lihat ujung kaki kiproknya adalah sebagai berikut 1 kaki kiprok ini menujuh ke pengisian aki dan berwarna merah 2,ujung ini untuk lampu depan dan belakang 3,kaki kiprok ini ke bodi mesin yang tersambung di ujung kabel ilitan spul 4,kaki kiprok ini yang teraliri listrik dari spul , bila kiprok mati di fungsi lampu,mesin masih bisa di hidupkan,bila mati di pengisian aki mesin tak akan hidup bila di slah.dengan catatan cara mengetes kerusakan kiprok harus melepas sekringnya atau melepas akinya.semoga ada manfaat dari tulisan ini.


94 comments:

  1. Mas brow, apakah jika kiprok mati pada jalur lampu akan berpengaruh pada kerja COIL ta?
    Coal COIL sepeda motorku kharisma sering rusak terus, sudah di ganti bolak balik tetap cuma bertahan sekitar 2 minggu aja......akhirnya sering mati / mogok...

    Mohon di balas ya brow..thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak berpengaruh bila jalur lampu bermasalah.coba amati lagi cara kerja kiprok karisma,dengan berlahan,coil sering mati mingkin minta ganti coil yang ori setidaknya yang bisa di percayalah kwalitasnya. yang sering karisma sering mogok an ,coba ganti pulsernya karena sering kejadian seperti itu dan di kiranya coil,coba baca di permasalahan pulser.semoga bisa membantu.

      Delete
  2. mtor karisma jadul bapa saya lampu depannya reduuuuppp bgt.. itu kiprok nya atau spull nya yg harus diganti ya?? starter, lampu rem, sein nyala normal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tes dengan memberi suplai lisyrik langsung dari kiprok juga periksa reflektornya apa sudah kusam. dan lihat apa lampu tidak kekurangan ground,dan jalur kiprok karisma yg beda dari kiprok motor lain,baiknya di baca lagi untuk mencari jalur kelistrikkannya.

      Delete
  3. Mas mau tanya kharisma saya kok pengisianya kelebihan ya(over).padahal kiprok udah diganti baru,mhn pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cermati lagi tulisan saya mengenai kiprok kharisma yang saya tulis,karena kiprok khrisma beda dengan kiprok pada umumnya. spul yang menganut kelistrikan fullwave.sering kali meminta kiprok yang bagus kalau bisa yang ori.

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. punteun,,
    kronologi ,risma ane rencana nya mw psg indikator bensin variasi, nah tnpa disengaja kabel spido bradu sama kabel rpm yg sya mengarah ke koil. tiba motor mati, tp sein ,klakson stater msh nyala.udh tak ganti koil,busi tetep mati dan gada api. cek kabel baik smua, pas sya cek kabel spull ke body kondisi kontak on trnyta gada api jg. pertanyaanya apa cdi/spull nya ya udah wafat. mohon pencerahannya suhu!! ilhamsyah454@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. spul kharisma itu fullwave jadi keluar dua ujung ,untuk ngetes spul tersebut lihat dikeluaran spulnya dan di slah dan ujung spul di gores tempelkan ada api apa tidak,itu cara lihat keluaran listrik tanpa avometer.kerusakan spul karena kejadian seperti itu kelihatannya tidak mungkin,soalanya kabel spul karisma ukurannya gede.coba chek di jalur masuknya listrik cdi.dengan memastikan ada listrik yg mengalir ke cdi.pakai avometer ya,

      Delete
  6. Untuk mengetahui kaki nomer 1, 2 dst gmn ?

    ReplyDelete
  7. Karisma sy panas dn sering mogok. Lampu send sering..coba sy tes voltase d aki terxata over..klo mesin xala terukur smpe 18v...apa kiprok rusak atau salah sambungan karna kabel body rusak jd drangkai ulang...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar kiprok rusak,tapi untuk yg sering mogok itu banyak yang perlu diperiksa dengan cermat dan yang sering luput dari pemeriksaan adalah pulser,dan perlu di ingat spul kelistrikan motor ini adalah fulwave,.ketika motor panas dan mogok coba lepas busi dan tutup lobang busi adakah kompresi ? bila ada memang kesalahan ada pada kelistrikannya.

      Delete
  8. met siang agan,sy punya motor karisma,kelistikan bag lampu depan mati.di cek di kiprok yang kabel bag lampu wktu di goreskan ke bodi ga ada percikan api..itu kiproknya mati ya gan,mesin nyala normal..bila lampu mau di nyalakan lgi tanpa beli kiprok gmana cara nya gan..tolong di bantu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang benar kabel yang di kiprok itu kelistrikan lampu maka motor tidak akan hidup bila tanpa aki.karena spul mesin karisma adalah fulwave yang berarti kabel yang keluar hanya dua ujung.cermati lagi dan pelajari lagi tulisan saya yang membahas hal spul karisma.

      Delete
    2. kalau memang benar kabel yang di kiprok itu kelistrikan lampu maka motor tidak akan hidup bila tanpa aki.karena spul mesin karisma adalah fulwave yang berarti kabel yang keluar hanya dua ujung.cermati lagi dan pelajari lagi tulisan saya yang membahas hal spul karisma.

      Delete
    3. di lihat dri penjelasan agan di atas,kaki no 1 ke pengisian aki,no2 ke lampu depan dan belakang.nah yang bag no 1 ke aki itu normal gan,tpi no 2 yg ke lampu depan belakang tidak ada...

      Delete
    4. mesin hidup normal,aki ada,pengisian aki normal...di cek di ujung kiprok no 2 yg ke lampu depan belakang wktu di gereskan ke body tidk ada percikan api atau ga ada setrum....

      Delete
  9. kiprok honda apa yg sesuai untuk karisma tanpa utak atik kaki kiprok / kabel gan? thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  10. Gan spul karisma ma supra 100 sama gk? Tks

    ReplyDelete
  11. Gan spul karisma ma supra 100 sama gk? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mengganti komponen sebuah alat kita hanya memerlukan pengetahuan dari fungsi alat itu sendiri dan dudukan fisik akan alat yang akan kita gantikan. garis besarnya semua alat dengan fungsi yang sama dapat kita pakai untuk menggantikan dengan memperhatikan tempat dan dudukan tempat benda tersebut di pasang. mencoba adalah guru sejati kita.

      Delete
  12. Mas lampu depan , spedo , digital bensin ,gigi , mati semua apanya ya ? Motor hidup normal , mohon pencerahannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan di sebabkan socket tidak nyambung dengan sempurna hingga arus listrik tidak tersambung dengan benar,cara cepat dengan memberi pasokan arus listrik dari aki ke lampu depan tanpa merubah jalurnya maka arus akan mengalir kesemua jalur.mesin keadaan mati.

      Delete
  13. Mas, motor saya tiger rebo kiprok fullwave. Tp dr lubang no. 2 utk lampu tidak keluar arus alias lampu tidak nyala.. Gmn ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda hanya perlu membaca cara kerja kiprok fulwave.

      Delete
  14. Misi mas motor karisma saya mati total tdk bisa startter tapi bila dihidupkan melalui shelaan smua nyala cuma arus listrik y keci klakson pun suara y kecil kondisi aki di cek klistrikan ok aki baru malah :-D saya periksa sikring smua masih normal... mohon mas penjelasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ambil akinya dan slah starter apa masih bisa hidup ? kalau bisa hidup berarti kiprok bagus.tapi tidak bisa hidup berarti kiprok atrua spul magnit bermasalah.dan bila tanpa aki bisa hidup mesinnya coba jumper + aki ke kabel kunci kontak pasti beres semua.

      Delete
  15. kasus karisma sy gini gan....hidupnya hanya bisa di stater tangan,klo diselah tidak ada tegangan sampai dikoil,apakah itu kiprok mati gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau akinya masih terpasang berarti kampas habis

      Delete
  16. Gan motor karisma saya. Hidup normal kecuali LAMPU DEPAN UTAMA sering hidup mati. Tolong di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerusakan seperti itu kebanyakan akibat kerusakan saklar lampu yang konektornya aus tau juga soket konektor lampu .

      Delete
    2. Yah harus di ganti atau d perbaiki apa'a

      Delete
  17. Klo punya saya karisma,,,rencnaNya mau sya bkin traiil, sya risih sama kabel jdi kbel ke aki sya potong, pa tu ngaruuh ke pengapian??
    Truus skarang klo gas tinggi dia ngadaat..lama2 mati sendiri truss di slenger bsa lge...pleas di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel ke aki yang dipotong tidak berpengaruh pada hidupnya mesin cuma cdi akan kelebihan voltase karena aki sebagai penyetabil tegangan di hilangkan.kemungkinan besar kiprok bermasalah tidak mampu menahan tingginya voltase spul.tegangan tembus pada kiprok gejalanya seperti itu.tidak menutup kemungkinan coilnya.

      Delete
  18. Mohon pencerahanx suhu...sy punya motor supra x 125 tegangan yang masuk ke aki terlalu besar sehingga membuat aki gendut..akhirx sy putuskan ganti kiprok hasilx tegangan sdh tdk terlalu over...tp yg biki sy bingung pada saat mesin dihidupkan tnpa dipasangin aki...nyalanya normal tp pada saat lampu depan dihidupkan mesinx tiba2 mati...distarter kaki pun tak bisa...baru bisa nyala lagi kalau saklar lampu pada posisi off...

    ReplyDelete
  19. Mohon pencerahanx suhu...sy punya motor supra x 125 tegangan yang masuk ke aki terlalu besar sehingga membuat aki gendut..akhirx sy putuskan ganti kiprok hasilx tegangan sdh tdk terlalu over...tp yg biki sy bingung pada saat mesin dihidupkan tnpa dipasangin aki...nyalanya normal tp pada saat lampu depan dihidupkan mesinx tiba2 mati...distarter kaki pun tak bisa...baru bisa nyala lagi kalau saklar lampu pada posisi off...

    ReplyDelete
  20. saya juga pernah kedatangan motor seperti itu permasalahannya,penyebabnya adalah ada kabel dekat stang stir[ kemudi ] yang lecet dan nempel ke besi kemudi[stir] coba buka dan amati adakah kabel lecet.

    ReplyDelete
  21. Min, honda kirana cocoknya pakai kiprok apa ya ? Soalnya kiprok ku dicolong orang, jadi diem aja dirumah

    Please bales thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua kiprok bisa dipakai asal tahu letak pakainya.saya buat vidio CARA TES KIPROK 2 untuk memahami cara kerja kiprok.cari aja di youtube.dengan kata kunci tersebut.

      Delete
    2. https://www.youtube.com/watch?v=P3r1ER9LhCc&t=90s

      Delete
  22. Tolong mas, motor karisma saya, ketika kunci kontak on, indikator dan lampu2 di speedometer normal, tapi ketika kalo lampu sein / lampu rem, dihidupkan, speedometer langsung mati, dan akan normal lagi jika lampu sein / lampu rem kita matikan, motor juga jadi tidak kuat starter seperti tidak pakai aki.
    walaupun mesin dihidupkan, kondisinya tetap sama, hanya lampu utama saja yg normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena sudah diketahui lampu sein dan lampu rem yang dapat menimbulkan permasalahan,maka jalur kabel tersebutlah yang bermasalah,maka cari di jalur tersebut,kebanyakan di kabel body yang di stang ster yang lecet dan kena stang (ground).lampu utama tidak terganggu karena ambil listrik dari spul dan yang lainnya ambil dari kiprok pengisian aki ( aki ).

      Delete
  23. Tolong kang..mau tanya...
    Motor saya karisma 2004..sein, klakson, starter mati,,,lampu jauh dekat nyala tapi ngikutin kerja mesin,,,
    Setelah d cek sekring merah putus dan diganti tak lama putus lg...dan terasa panas...
    Itu kiprok yg over ato spull y kang...cek d jalur kabel aman soalny, ndak ada yg konslet...matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampu depan dan belakang memang ikut mesin.kerusakan yang terjadi pada motor anda kebanyakan di akibatkan aki yang kurang bagus atau sekarat , yang kemungkinan besar kiprok tembus tegangan jadi listrik yang keluar tidak murni dc.spuul bagus tidak masalah.

      Delete
  24. Bang motor saya karisma r 2004..oktober kemaren motor ngadat spido sama lampu depan tiba tiba mati dan aki tekor..tak lama dari itu mesin mati tiba tiba..diengkol hidup tapi jarak 2meter mati lagi..dibawa kebengkel ternyata spulnya terbakar..jadi diganti spul baru..nah sekarang motor kembali lagi seperti itu dengan gejala yang sama dan spul yang terbakar...kira kira apa penyebabnya ya bang..? Mohon dibantai..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar kiprok rusak,dengan kerusakan dioda tembus tegangan hingga arus listrik aki masuk ke spul.

      Delete
  25. Mas kalau pengapian karisma sering hilang apanya ya,tp kadang ada juga pengapianya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah ngalami seperti itu dan ternyata kerusakan ada pada pulsernya.coba ganti saja pulsernya,karena kerusakan pulser sangat jarang,dan bila terjadi kerusakan pulser sangat jarang mendapat perhatian.

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Mas mau tanya karisma saya 2004 masalah pada indikator yang nyala cuma indikator lampu jauh,ya lainya mati. Awalnya lampu depan koslet karna kabel putus setelah di sambung lagi indikator tetap mati tolong solusinya. Terimakasih

    ReplyDelete
  28. Mas mau tanya karisma saya 2004 masalah pada indikator yang nyala cuma indikator lampu jauh,ya lainya mati. Awalnya lampu depan koslet karna kabel putus setelah di sambung lagi indikator tetap mati tolong solusinya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cari kabel yang bermuatan + adakah sudah tersambung di indikator yang mati atau lakukan penyambungan langsung dari + aki ke salah satu indikator yang mati ,karena penyeselainya soal kelistrikkan itu hanya perlu di coba-coba dengan aliran listrik langsung yang dari aki.

      Delete
    2. Trimakasih atas jawabanya mas,
      Udah saya cek manual pake aki semua normal tapi pas diterapin lagi lampu indikator tetap masih mati mas

      Delete
    3. Trimakasih atas jawabanya mas,
      Udah saya cek manual pake aki semua normal tapi pas diterapin lagi lampu indikator tetap masih mati mas

      Delete
  29. kalau yang anda lakukan seperti ini.1,dengan bantuan kabel kabel 2 meter untuk di ikat ke + aki kemudian di sambungkan ke lampu indikator yang mati di salah satu kabelnya apakah bisa hidup bila lampu nyala berarti memang kabel + yang putus bila tidak nyala berarti ground yang putus,dan di teliti lagi apa kontak teraliri + listrik ? satu lagi karisma groundnya yang nempel di kiprok apa nempel dengan benar ground itu yang sering bermasalah.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. karena saya kurang paham atas pertanyaanya tapi coba jawab mungkin yang dimaksud mesin gak mau hidup walau coil ada apinya,kemungkinan besar kesalahan terletak pada terbaliknya pemasangan keluaran kabel pulser coba ganti keluaran pulser maksud saya tukar keluaran pulser yang menujuh cdi.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Gan mau tanya. karisma ane kalau pake aki bisa nyala tapi kalau tidak pake aki tidak bisa nyala. Kalau nyala pake aki tegangan di Aki tetap 12 V tidak naik.
    Cek kabel dari spul Ground, Masa, Sama Pulser masuk semua . Cek Spul Keluar 20 V

    Itu kenapa gan ?? Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelistrikan spulnya tidak masuk ke cdi,kemungkinan besar kiproknya ,cara tes sebagai berikut,1 cek .spull kalau di avo ada keluaran 20 volt coba sekarang tes ampernya dengan cara hubung pendekan apa ada loncatan api yang besar,bila tidak spul rusak,2 keluaran kiprok tes dengan avo dengan arah dc apa benar mengeluarkan listrik dc,cara mengetahui dengan cara membolak -balik kabel colokkan avo,yang benar kabel plus atau merah harus + bila di balik tidak menunjukkan angka voltasenya,bila bolak-balik menunjukkan angka berarti kiprok rusak,3,beri beban lampu untuk memastikan kalau listrik yang dari spull itu ada,lampu akan hidup terang bila keluaran kiprok di beri beban lampu dengan di starter kaki waktu tes keluaran listriknya,aki harap di lepas.

      Delete
  34. Mas gimana caranya mengganti kiprok karisma memakai kiprok grand ato supra

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat mudah asal mengerti jalur penempatan aliran listriknya.yang harus di pahami adalah kiprok penggantinya.misalnya kiprok supra,intinya tiap kiprok ada keluaran listrik untuk charge aki dan bila di kendaraan akan di beri kabel merah,di dan di hadapan pin itulah jalur listrik karisma di masukan dan satu lagi di groundkan,selesai.bila mefungsikan dua kaki lainnya di kiprok supra tinggal jumper kabel yang dari spull yang sudah di tancapkan di hadapan kabel merah tadi dan pin yang kosong di groundkan.coba lihat video youtubeku tentang kiprok.

      Delete
    2. Kluaran dri spul ke kaki anoda,, trus katoda ke ground,, gtu mas,,?. Ato adakah video nya,, biar jelas utk memakai kiprok supra,, mohon bantuan ny

      Delete
  35. Mohon info nya mas.. motor sy honda karisma.. penyakit nya bila di lepas aki ngak keluar api di busi.. tpi kalau di psng aki ada loncatan api di busi.. padahal spull nya uda sy ganti yg baru.. itu penyebab nya apa ya.. mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang rusak kiproknya itu.cara mengetahui atau ngecheknya coba perhatikan kiprok kabel yang berwarna merah itu menujuh ke aki adakah arus listriknya ? ketika di goreskan ke massa.

      Delete
  36. gan karisma saya kan cdi mati trs saya gnti yg baru pas saya pasang cdi trs kontak on kabel yg dri cdi k'koil saya goreskan k'masa kluar percikan api besar padahal blm d'selah trus cdi lngsng magi lg

    ReplyDelete
  37. Pengisian mencapai angka 15,4v apakah masih normal mas

    ReplyDelete
  38. Mas kalo lampu sen saya sering mati apa gara2 kiproknya juga?? Kiprok gak ngisi listrik ke aki

    ReplyDelete
  39. bisa jadi begitu dan juga aki tidak beres hingga tidak menahan laju arus listrik dari spull

    ReplyDelete
  40. Tanya gan.... Cara menambah terang lampu depan mtr kharisma gmn ya?? Kalau Ganti kiprok yg cocok kiprok apa ?

    ReplyDelete
  41. lampu yang terang itu tergantung pada besaran voltase dan amper spull.kiprok tiger bila fullwave spullnya bila masih belum pakai kiprok apa aja asal tahu letak pin kegunaannya.

    ReplyDelete
  42. maaf ni gan mo nanya motor karisma ane ada masalah dengan kelistrikan dimana speedo meter ga nyala, walau nyala cuman kedip itu pun waktu motor dinyalain dan tidak di gas kalo di gas spedonya mati dan indikator bensin pun ga nyala, kedua lapu sen nga nyala tp ada bunyi ketida lampu rem belakang mati padahal dah diganti sama yang baru...please pencerahannya Gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kiproknya rusak bisa juga aki yang terhubung singkat ( rusak )lampu reteng dan lampu belakang juga panel yang di spedo itu butuh listrik dari keluaran kiprok atau aki,lepas akinya apa motor bisa hidup.

      Delete
  43. Sore gan.sy setia sm karisma. Skr kelihatannya kena komplikasi dia. Mulai rpm nya gak bisa normal, akinya gak ada strum.trus bentar2 mati. Skr di starter sdh gak bisa. Kmarin sy bawa k bengkel dignti coilnya .skr mati2 lagi gan.. apa ada sedikit pencerahan buat sy gan?

    ReplyDelete
  44. periksa spullnya apa ada listriknya,

    ReplyDelete
  45. mas motor karisma saya kalo di pencet sen tiba tiba mati sendiri kelitrikan nya hanya mesin doang yang hidup kira kira kerusakan nya di mana yah mas....
    trima kasih

    fast respon yah mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan di kabel yang nempel ground entah dari saklar reteng atau rumah dudukan lampu reteng yang tersambung kuningannya.

      Delete
  46. Gan..ijin mau nanya kenapa karisma saya sudah ganti cdi ama jabel body lengkap dengan kiprok kenapa masih ngerusak cdi udah ganti cdi dua kali gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. kalau tidak pakai aki biasanya arus yang masuk ke cdi besar hingga merusak cdi

      Delete
    3. Mas kenapa ya lampu sen karisma 2004 tidak kedip..padahal pake flasher baru..bohlam semua baru..apakah kiproknya bermasalah..

      Delete
    4. sein tidak kedip bisa jadi bebanya kurang maksudnya watt lampu kurang kedua flaser terbalik kakinya itu saja permasalahan tentang seian tidak bisa kedip

      Delete
  47. Gan ane mw tanya maaf menyimpang ini pada hsx 125 ane pada umumnya kan sama dengan karisma ini udah ane modif fullwave dan yang jadi permasalahan nya ko pada jalur ground di kiprok itu ada setrum nya ane cek coba pake lampu itu jalur ground bisa nyalain lampu mohon pencerahan nya apakah ada yang salah ato emang normalnya kaya gitu terus ko pengisian malah jadi tekor ya kalo geound itu di sambung ke ground bodi tapi kalo ground kiprok di lepas pengisian normal.

    ReplyDelete
  48. Om mau nanya, karisma saya habis ganti kiprok tp kiprok baru masih belum mau ngisi akinya ya? Pdhl aki masih terhitung baru -+1 bulan. Kira2 yg bermasalah apanya lg ya

    ReplyDelete
  49. Harus chek keluaran kiprok berapa volt ? bila di bawah 12 voplt maka spull yang bermasalah.dan tes spull keluar berapa volt,setidaknya tes dengan dop apa bersinar terang ketika di slah bila redup ,memang spull yang bermasalah.

    ReplyDelete
  50. Bang py ku supra 125.mauk gnti kiprok vario lma.bs gk bang&cra psg ny gmn jlur nya.mhn bntuany bang.mksh

    ReplyDelete
  51. Karisma saya,sebelumnya gak pakai aki coil ada strumnya, sekarang harus pakai aki baru ada setrumnya,apakah kiproknya,atau apanya.. Apakah jika aki terus di pasang akan merusak akan merusak komponen lainya..

    ReplyDelete
  52. Saya mau tanya saya punya motor karisma dan mau saya bikin bmx ... kabel saya lepas semua yg penting motor masih bisa hidup dan jalan normal.. tpi klo kiprok dilepas juga pengaruh pa gk ma mesin... mohon jawabannya... makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kiprok itu sumber daya listrik untuk suplai pengapian,dan alat pengisi listrik ke aki,aki sendiri dapat menghidupkan mesin tapi kalau tidak di ces maka listrik akan habis.kalau kiprok dia alat penyearah listrik dari spull.karisma pengapiannya dc beda dengan grand yang berpengapian ac yang langsung ambil dari spull pengapian.

      Delete
  53. Om mau nanya kharisma saya 125D thn 2004 spedometer sdh rusak. Rcn mau sy ganti tp yg ada yg soket putih sedangkan speedometer sy soket hijau. Kebetulan kabel body jg sdh busuk, apabila sy ganti 1 set dgn kabel bodi (yg ke speedometer soket putih) ada masalah nggak ya, terimakas8h

    ReplyDelete
  54. saya gak punya diagram kabelnya jadi gak ngerti.

    ReplyDelete
  55. maaf gan, kharisma saya awalnya lampu dpan mati, gnti lampu cma sbentar mati lagi
    dan sekarang malah ga bisa hidup motornya
    dites dari spull ada api, tapi ketika lwat coil ga ada api.
    apakah kiprok atau yg lain gan??
    mohon pncerahannya?
    trimakasih.

    ReplyDelete