Friday, January 18, 2013

cara kerja pengapian sepeda motor

untuk pengapian yang menganut sistem dc yang banyak dipakai oleh motor sekarang sebetulnya ara kerjanya sama dengan pengapian yang menganut sistem ac , pertama perolehan listrik dari kumparan kawat tembaga yang ada di dalam mesin motor itu sendiri ,bila mesin itu memakai cdi yang membutuhkan daya dc maka listrik yang,dari kumparan mesin di searahkan oleh dioda yang dipatok pada kisaran 13vlt kurang lebih segitu dan komponen tersebut di namai kiprok,dan aliran listrik tersebut bertemu langsung dengan kabel + aki berlanjut ke kunci
kontak untuk langsung menyambung dan  memutus aliran ke cdi, cdi memantikan aliran listriknya dari perintah pulser yang terdapat dibadan magnit dan spul pulser itu sendiri bisa terdapat diluar badan magnit ada juga didalam,
untuk mencari kerusakan yang terjadi pada pengapian motor kita,langkah pertama kita periksa keluaran listrik dari spul kita ukur dengan avometer apakah keluaran voltnya di atas 12 volt untuk mengetahui apakah ampernya besar dapat kita hubungkan singkat dengan bodi mesin(ground) bila kilatan api yang keluar terang dan voltase di ukur lebih dari 12 volt maka fapat di nyatakan spul tidak bermasalah berlanjut ke kiprok ,
 kita lepas sekring pengisian aki dan kita tes dengan avometer apakah keluaran voltasenya bisa mencapai 12 atau 13 volt dc kalau tidak mencapai angka tersebut dapat di pastikan aki akan ngedrop ,walau di kisaran 6 volt masih dapat untuk menghidupkan mesin,tapi starter elektrik tidak akan berfungsi,berlanjut ke cdi kita periksa apa listr
ik sudah masuk ke cdi
caranya dengan mencari arus listrik di kabel yang menempel di cdi dengan avometer bila tidak ada aliran listrik di kabel cdi dapat di'pastikan kunci kontak sebagai penghubung listrik bermasalah,bila aliran listrik di kabel cdi ada kita periksa spul pulser apakah bermasalah spul pulser dapat kita tes dengan ohm meter dengan skala ditaruh pada angka x10 maka ketika motor kita slah jarum ohm meter akan bergetar tanda pulser mengeluarkan listrik untuk memantikan listrik ke koil.untuk melihat keluran cdi yang menujuh ke koil dapat kita tes dengan menghubung singkat ke bodi bila tidak bermasalah akan mengeluarkan bunga api,jangan lakukan lama-lama bisa merusak cdi,dan berlanjut ke koil dan busi,bila dari keseluruhan tahap sudah di periksa dan bagus maka koil dan busi tahap akhir yang mudah, semoga gak bosen baca tulisan ini.

No comments:

Post a Comment